Sunday, November 1, 2009

Komputer dan Pemrograman

Mau nyatet about makul Komputer dan Pemrograman
dikit jelasin masalah hardware dulu...
Komputer terdiri dari hardware atau perangkat keras dan juga software atau perangkat lunak.
Hardware terdiri dari:
1. CPU(pemproses)
2. Monitor(output)
3. Keyboard+mouse (input)
4. Speaker (output)

Jadi, inti dari komputer dan bahkan alat-alat elektronik adalah input, proses dan output
Input dari komputer biasanya adalah mouse / tetikus, keyboard, gamepad, stylus(pena untuk layar sentuh).Untuk pemproses adalah CPU (Central Processing Unit). Untuk Output adalah Monitor (CRT / Cathode Ray Tube, LCD / Liquid Crystal Display, Digital Proyektor, Printer, speaker, dll)

mulai dari bawah:
1. Speaker, sebagai output hasil pemprosesan CPU.


pada speaker biasanya tertulis 2.1, nah itu berarti speaker tersebut memiliki 1 subwoofer dan 2 speaker. Untuk tulisan stereo, itu adalah teknologi pengembangan dari mono, stereo speaker menghasilkan suara yang lebih nyata dibanding speaker yang mono(sekarang sudah jarang dijual speaker mono) dan harganya tentu lebih mahal. Bahkan sekarang sudah banyak speaker 5.1 dan 7.1, yang berarti 1 subwoofer dan 5 atau 7 speaker yang biasanya digunakan untuk reuangan yang cukup luas atau home theater, sehingga suara yang dihasilkan sangat nyaman ditelinga.

2. Keyboard + Mouse

Kenapa disatukan mouse + keyboard, karen untuk komputer- komputer jaman sekarang, belum pernah saya menemukan user (pengguna) komputer yang hanya menggunakan keyboard. kecuali untuk komputer jadul(seperti di SMP saya dulu.... :-) ).
Keyboard sekarang menggunakan teknologi wireless (tanpa kabel), intinya sama saja, ketika tuts (tombol pada keyboard) di tekan, keyboard menghantarkan sinyal ke penerima yang di tancapkan (berupa USB/universal serial bus) pada CPU, lalu di proses oleh CPU.

Untuk Mouse / tetikus dalam bahasa indonesia, mouse jaman dulu menggunakan bola / mouse ball, jika dibuka, ada bola besi yang dilapisi karet, ketika digerkan, bola tersebut memutar bagian vertikal dan horizontal sensor pada mouse, dikirimkan melalui kabel, lalu diproses CPU.

Tetikus jaman sekarang, sensor yang digunakan bukan lagi menggunakan pergerakan bola, melainkan optik dan laser.Penjelasan tentang mouse optik dan laser, insyaAllah dibahas nanti. Intinya sama,optik dan laser mendeteksi pergerakan mouse, mengirimkan sinyalnya ke CPU untuk diproses.

lanjut lagi nanti ah....bahas monitor and yang paling penting CPU. c u soon

No comments:

Post a Comment

komen?