Sunday, November 1, 2009

Power Supply

Kuliah lagi dah...
Matakuliah analog atau Elin atau alat ukur
Mau ngabahas power supply
Power supply adalah bagian vital dari alat-alat elektronika, karena tanpa power supply / catu daya, alat tidak akan bekerja. Semua alat elektronik menggunakan supply tegangan DC, sedangkan pensupply tegangan DC terbaik adalah battery / accumulator, karena kedua pensupply tersebut menghasilkan tegangan DC murni.


nah, pada layar osiloskop, untuk DC akan terlihat lurus(horizontal) yang menunjukan, tegangan yang terukur adalah DC.
Dalam perancangan sebuah catu daya, diperlukan:
1. Trafo / transformer
Trafo digunakan untuk menurunkan tegangan AC di rumah kita yang 220v, menjadi 3; 5; 6; 7,5; 9; atau 12volt, sesui kebutuhan kita. Trafo memiliki spesifikasi arus, semakin besar arus yang dapat dilewatkan oleh trafo, maka semakin besar pula dimensi trafo (dan semakin mahal juga)

2. Diode / Diode bridge

gambar kiri adalah diode penyearah, memiliki 2 kutub (anoda dan katoda), kutub yang berwarna abu adalah katoda, berfungsi untuk menyearahkan arus AC menjadi DC. sebenarnya dengan menggunakan diode tidak cukup untuk menyearahkan arus AC menjadi DC yang murni, karena masih terdapat ripple / tegangan DC yang mangandung tegangan AC.
gambar kanan adalah diode bridge, fungsinya sama, yaitu menyearahkan. hanya saja menggunakan diode bridge menghasilkan ripple yang lebih sedikit (menghasilkan tegangan DC yang lebih baik) di banding 1 buah diode. Memiliki 4 pin, 2 pin sebagai input AC, sisanya Output + dan -. Spesifikasi diode adalah arus, semakin besar arus yang dapat dialirkan diode, maka semakin besar dimensi diode, juga semakin mahal harganya. Diode terbuat dari bahan silikon (warnanya hitam, bukan silikon yang digunakan untuk kecantikan...he....), memiliki tegangan forward 0.7v, maksudnya, diode akan bekerja jika tegangan input >= 0.7v.

Jenis diode lain adalah diode zener, diode zener difungsikan forward bias(katoda diberi tegangan +), fungsinya bukan untuk menyerarahkan, tapi untuk untuk menstabilkan tegangan output.

3. Kapasitor

Kapasitor disini berfungsi sebagai filter (penyaring...bukan saringan yang ada di dapur ya...he..), kapasitor yang digunakan adalah jenis kapasitor polar / Elco (Electrolite Condensator), kapasitor ini menahan tegangan AC yang keluar dari diode, dan meneruskan arus DC dari diode. nilai kapasitansi yang digunakan, tidak sembarangan, kapasitansi minimum yang digunakan untuk memfilter adalah >=100uF/16v spesifikasi tegangan kapasitor sesui output dari trafo.
oia...kapasitor, memiliki 2 kutub (positif dan negatif), pin kapasitor yang bertanda putih menandakan negatif, so jangan salah pasang, kalo salah pasang bisa meleduk....hue.......

lanjut nanti...c u soon

No comments:

Post a Comment

komen?