Saturday, September 18, 2010

deg deg an


hal yang sering terjadi ketika menghadapi sesuatu yang baru, ketika menunggu hasil ujian sekolah, ketika akan interview kerja, Ujian Akhir, saat masuk kuliah atau bahkan CPNS, ada juga saat ketika mengucapkan serah terima saat akad nikah. yang dimaksud deg deg an pada postingan ini adalah hal yang biasa terjadi dan bukan karena penyakit dan rasa takut terhadap hal hal diluar logika.
deg deg an yang terjadi merupakan perasaan subjektif dari seseorang karena akan menghadapi sesuatu yang baru, atau hal lain yang telah disebutkan. deg deg an yang terjadi adalah detak jantung yang lebih dari detak jantung normal yang biasanya 60-100 detak setiap menit. deg deg an ini dinamakan takikardi dalam dunia kedokteran. jika detak jantung dalam 1 menit 100 detak, maka dapat dikatakan seseorang mengalami takikardi.

takikardi bisa dikatakan normal jika memang kondisinya seperti yang disebutkan diatas, apalagi saat laki-laki mengucapkan ijab qobul saat akad nikah, itu merupakan kondisi takikardi yang normal. masih banyak lagi kondisi takikardi yang normal seperti saat masuk sekolah, menghadapi guru yang galak, sedang berolahraga, sedang emosi, stress dan lain sebagainya.

penyebabnya bisa bermacam-macam, bisa disebabkan karena sakit, efek minum kopi dan yang paling sering adalah kondisi yang dihadapi seseorang.
ada berbagai cara untuk menghilangkan rasa deg deg an, ada beberapa yang menyarankan minum obat. tapi disini, karena kebanyakan kasus adalah karena timbulnya perasaan yang subjektif dari diri sendiri. maka sebaiknya lakukan hal-hal dibawah ini

1. tarik nafas panjang, lalu kerluarkan dari mulut secara perlahan
2. harus yakin bahwa tidak ada sesuatu yang buruk yang akan terjadi
3. berinteraksi dengan keluarga atau teman, sekadar ngobrol atau ngerumpi
4. menonton film atau acara TV yang menghibur.
5. hindari minum kopi berlebihan, karena kandungan dari kopi dapat meningkatkan detak jantung dan sulit tidur.
mungkin masih banyak cara lain untuk mengembalikan kondisi detak jantung pada kondisi normal, silahkan dicoba.sumber: yahoo answer dan tanyadokter.com
 

No comments:

Post a Comment

komen?