Thursday, March 4, 2010

Radio Frequency Identifier


Radio Frequency Identifier (RFID)
RFID adalah sebuah teknologi identifikasi suatu benda menggunakan gelombang / frekuensi radio. Identifikasi yang dilakukan adalah terhadap hewan, produk dan bahkan manusia. Tujuannya adalah jelas untuk mengidentifikasi dan melacak posisi dari suatu benda yang dipasang RFID, RFID ini berbentuk tag atau microchip.
RFID terdiri dari 2 bagian utama, yaitu interogator dan tag. Interogator adalah bagian yang “membaca”. Tag adalah bagian label yang dipasang pada produk atau benda lainnya. Tag RFID memilki 2 bagian, yaitu sebuah antena dan chip IC untuk menyimpan dan memproses informasi data, modulasi dan demodulasi frekuensi radio.
Tag RFID terdiri dari 3 macam berdasarkan catu dayanya. Pertama yaitu aktif, yaitu tag RFID yang memiliki baterai dan mampu mentransmisikan sinyal secara autonom. Kedua yaitu pasif, tag RFID yang tidak memiliki baterai dan memerlukan catu daya eksternal untuk mentransmisikan sinyal. Ketiga yaitu battery assisted passive (BAP) yang memilki baterai tapi memerlukan catu daya eksternal untuk mentransmisikan sinyal dengan range yang luas.


Semakin berkembangnya teknologi, maka semakin berkembang pula teknologi RFID ini. Ukuran dari RFID yang paling kecil sekarang dimiliki oleh hitachi, yaitu 0.05mm x 0.05mm yang dibuat dengan proses Sillicon-On-Insulator (SOI). RFID hitachi ini dapat menyimpan 38 digit menggunakan 128 bit ROM.
Aplikasi dari RFID diantaranya diterapkan pada:
1. Kartu kredit
2. Animal Chip Identification
3. Perlombaan balap
4. Human Implants for tracking.]

Di german, penggunaan RFID untuk Human Implants mendapat kecaman karena dapat mengaganggu privacy dari seseorang.

RFID tag ini sekarang sedang digalakan oleh BI terkait kasus skimming dan ATM fraud. Di Indonesia masih banyak debit card, ATM card dan bahkan credit card yang masih menggunakan pita magnet untuk identifikasi kartu. Kartu kredit yang menggunakan chip dengan teknologi RFID dianggap lebih ‘secure’ dibanding dengan menggunakan pita magnet.
Sumber: (wikipedia.org dengan perubahan seperlunya)



No comments:

Post a Comment

komen?