Wednesday, December 16, 2009

bussiness plan

17 desember 2009

Bussines plan

Adalah dokumen tertulis yang berisi tentang kewirausahaan.

Bussines plan untuk UKM cukup dengan bussines plan yang sederhana. Pada UKM menggunakan modal kecil, sehingga resiko gagal kecil. UKM dikerjakan oleh
SDM yang kurang berpengalaman, sehingga tidak memerlukan bussines plan yang rumit.

Bussines plan pada UKM juga dapat digunakan sebagai bahan presentasi kepada investor dan bangking.

Untuk perusahaan besar, selain bussines plan diperlukan studi kelayakan. Studi kelayakan dikerjakan oleh konsultan bisnis, sedangkan bussines plan dikerjakan oleh seorang wirausaha. Diperlukannya visibilities study untuk mengetahui potensi pasar. Dengan adanya study kelayakan, sehingga bussines plan lebih realistis. Bussines plan yang realistis dapat mengurangi resiko kegagalan, dengan modal besar, harusnya resikonya juga besar, dengan adanya studi kelayakan, resiko kerugian bisa berkurang.

Tugas bussines plan untuk UKM:

Format bp nya:

1. Latar belakang

a. Menceritakan tentang kesenjangan antara supply vs demand (pasokan vs kebutuhan). Contoh: kota bandung merupakan pasar yang luar biasa untuk produk apapun. Usaha bahan pokok, misalkan beras. Di bandung banyak sekali penduduk yang mengkonsumsi beras setiap harinya. Dianggap dalam 1 hari, setiap orang memerlukan beras 1 gelas. Dengan penduduk yang sangat banyak dan penghasil beras yang terbatas di kota bandung, sehingga diperlukan pasokan dari kota lain, serperti cianjur, tasik, garut.

b. Ketersediaan SDA yang potensial. Misalkan daerah kuningan dan subang yang sangat berpotensi mengembang kan sumber daya air untuk air mineral.

c. Ketersediaan SDM yang potensial (knowledge base entrepreneurship).

2. Organisasi dan manajemen

Sebuah bussines harus mempunyai bentuk (PT, CV, KOPERASI atau perorangan)

a. Koperasi setidaknya diperlukan 20 orang untuk membentuknya.

b. PT memiliki hak hukum / perlindungan hukum dan dapat memisahkan kekayaan perusahaan dan kekayaan pribadi. Minimal perlu 2 orang untuk membentuknya

c. CV hampir sama dengan PT tapi tidak memiliki perlindungan hukum dan tidak dapat memisahkan kekayaan perusahaan dengan kekayaan pribadi. Ketika terjadi kekacauan di perusahaan masalah keuangan, maka kekayaan pribadi akan mendapat imbasnya.

Disarankan membentuk CV atau PT.

Manajemen adalah tanggung jawab dan tugas tiap orang dalam perusahaan

a. Pimpinan berfungsi memberikan keputusan dan bertanggung jawab atas perusahaan

b. Tim (tim marketing, produksi), fungsinya membantu pimpinan

3. Pemasaran

Dalam pemasaran minimal terdapat 2 poin:

a. Costumers/pelanggan. Tentukan siapa yang akan menjadi costumer bisnis yag akan dibuat.

b. Competitor/pesaing. Setidaknya menjelaskan 3 pesaing. Jelaskan kelebihan dan kelemahan pesaing.

c. Product/produk. Jenis produk, kemasan produk, tampilan produk, harga produk, cara pembayaran, teknik promosi produk, tempat usaha (apakah outlet dan pabrik dalam 1 tempat?)

4. Aspek produksi

Poin aspek produksi hanya dimunculkan untuk bisnis yang menciptakan barang bukan jasa. Pada aspek produksi dijelaskan bahan baku, alat dan mesin produksi, proses pembuatan dalam bentuk flow chart.

5. Investasi

tentukan investor, tentukan berapa investasi yang diperlukan.

6. Keuangan:

a. Laba rugi pada tahun awal, dan 2 tahun selanjutnya

b. neraca dipisahkan dengan laba rugi. Neraca juga dibuat dengan range waktu 3 tahun.

Ditambahkan analisa ratio-ratio.

No comments:

Post a Comment

komen?