Thursday, September 2, 2010

ceramah sebelum tarowih


ceramah rutin sebelum solat tarowih tadi, ngebahas tentang kebahagiaan keluarga.
seperti diketahui bahwa, harta, tahta dan nafsu merupakan bagian dari kebahagian yang semu.
kebahagian yang sebenarnya dalam sebuah keluarga adalah ketika orang tua melihat anaknya soleh.
walaupun dalam keadaan yang serba kekurangan, dengan ketabahan dan kebahagiaan orang tua melihat anaknya menjadi anak yang soleh menjadi kebahagian yang nyata.
anak yang soleh menjadi bagian dari sebuah keluarga yang sakinah, mawaddah, wa rohmah.
sakinah = tenang
mawaddah = kasih sayang (lahir dan batin)
rohmah = dirahmati oleh Allah


maksudnya adalah keluarga yang penuh kaasih sayang serta menjalankan apa yang telah diperintahkan oleh Allah sehingga mendapatkan rahmat-Nya.

selain itu, pa ustadz juga menyinggung masalah anak dan orang tua, orang tua terkadang menyebut anaknya durhaka ketika anaknya tidak menuruti apa yang diperintahkan orang tua atau kenakalan lain. Sesuatu yang pertama kali harus dilakukan orang tua adalah tidak menyebut anaknya durhaka, karena perkataan orang tua adalah doa, dan mungkin akan membuat anak tersebut benar benar durhaka. lalu orang tua harus berfikir ulang, harus berfikir bahwa buah tidak akan jatuh jauh dari pohonnya, itu berarti mungkin apa yang dilakukan anak anak adalah cermin dari orang tuanya. orang tua yang harus pertama kali merubah sikap, belajar menjadi orang tua yang tidak durhaka yang berarti menjadi orang tua yang baik dan dapat mendidik anak nya dengan cara yang baik pula....

No comments:

Post a Comment

komen?