Tuesday, January 5, 2010

etching

etching adalah proses melepaskan lapisan tembaga pada papan. proses pelepasan lapisan ini menggunakan cairan kimia. cairan yang dapat digunakan diantaranya:
1. Ferric Chloride (FeCl3)
2. Peroxide of hydrogen (H2O2)
3. Ammonium Persulphate (NH4)
Cairan yang sering digunakan adalah FeCl3. caranya adalah dengan mencelupkan papan yang telah dilapisi oleh tinta sablon/lapisan dari positif 20/lapisan photoresistive/lapisan marker permanen/lapisan tinta laser jet ke dalam cairan FeCl3/H2O2/NH4, lalu goyangkan papan didalam cairan FeCl3 sampai lapisan tembaga hilang (yang tersisa adalah lapisan tembaga yang ditutupi oleh tinta). bersihkan dengan air dan sedikit detergen.
Setelah dibersihkan menggunakan detergen, dapat terlihat lapisan tembaga yang merupakan jalur/track rangkaian. agar mengurangi oksidasi tembaga, dapat dilakukan silver coated, yaitu melapisi tembaga dengan campuran AgNo3 ( Silver Nitrat ) + Potasium + air bersih. sehingga lapisan tembaga tertupi dan dapat mengurangi oksidasi tembaga.
PENTING: FeCl3 sangat berbahaya untuk lingkungan. untuk menanggulanginya:
a. masukkan FeCl3 bekas etching ke dalam kantong plastik yang cukup tebal
b. masukkan mur/baut/paku bekas bersama dengan FeCl3
c. biarkan selama beberapa minggu, sampai mur/baut hancur menjadi butiran.
cairan FeCl3 akan menjadi FeCl2+butiran logam.
FeCl2 dapat dicampurkan dengan soda/detergen, biarkan tercampur, sehingga campurannya menjadi Fe(CO3) dan NaCl. setelah itu limbah cukup aman untuk dibuang ke tempat sampah.
(sumber: http://www.finsdesign.com/)

No comments:

Post a Comment

komen?