Monday, December 14, 2009

mengukur kapasitansi dengan menggunakan wheatstone bridge

untuk mengukur nilai kapasitansi sebuah kapasitor, dapat menggunakan rangkaian jembatan wheatstone (wheatstone bridge).
Pada jembatan dipasang 2 buah resistor dengan nilai tertentu, misal 1k ohm. 2 buah kapasitor juga dipasang pada jembatan seperti gambar dibawah.



rangkaian jembatan menggunakan sumber AC (alternating current / arus bolak-balik). pada praktikum yang dilakukan penulis adalah menggunakan generator fungsi dengan tegangan 2Vp-p dan frekuensi 1kHz. R1=R2=1k ohm. Rs dan Rx tidak dipasang saat praktikum, dengan alasan untuk mempermudah mendapat hasil pengukuran. Cx menggunakan variasi nilai kapasitansi yaitu 100pF, 0,1uF dan 1uF. Cs menggunakan kapasitor dekade.
dari hasil pengukuran, dengan menggunakan voltmeter AC, didapat keseimbangan jembatan, walaupun tidak menghasilkan 0 volt. pada praktikum hanya didapat nilai terkecil yaitu 3,9mV. Bisa dianggap bahwa 3,9mV adalah mendekati 0 volt, sehingga jembatan bisa disebut kondisi seimbang.
pada praktikum ini, yang kita cari adalah nilai Cx. Cx dianggap nilai kapasitansi yang tidak diketahui. Cs adalah C dekade yang bisa kita atur. Ketika C dekade diatur sehingga didapat tegangan outputnya mendekati nol, dalam hal ini 3,9mV, maka nilai kapasitansi pada C dekade adalah nilai kapasitansi yang kita cari.
hasil kali Cx dengan R1 harus sama dengan hasil kali Cs dengan R2 agar didapat keseimbangan.
laporan hasil praktikum dapat di download di sini

1 comment:

komen?