Wednesday, November 11, 2009

kisi - kisi UTS Entrepreneurship 12 November 2009

Entrepreneurship adalah suatu aktifitas kreatif dan inovatif untuk menciptakan usaha.
Entrepreneur adalah orang yang menjalankan kewirausahaan.

Perbedaan employee dengan entrepreneur:
Employee: Bekerja untuk boss, mengikuti instruksi, pekerjaan rutin, pendapatan tetap, tidak menciptakan kesejahteraan untuk orang lain, area kerja: Pegawai negeri, Perusahaan swasta, Perusahaan negeri.
Entrepreneur: Bekerja untuk diri sendiri (menjadi Boss), Memebuat perencanaan sendiri, Aktifitasnya kreatif, Terkadang rugi, tapi secara umum mendapat untung, dapat mensejahterakan karyawan / orang lain, area kerja: Industri, Perdagangan dan jasa / layanan.

Entrepreneur memberikan kontribusi kepada negara dengan menambah lapangan pekerjaan dan mengurangi pengangguran dan mengurangi tingkat kriminalitas. Selain itu menambah penghasilan pajak untuk negara.

Small Business / UKM memiliki karakteristik:
1. Business yang dijalankan sesuai dengan karakter pribadi
2. Fleksibel, owner dapat fleksibel menjadi manager atau yang lain
3. Lapangan pekerjaan intensiv, berarti banyak menyerap tenaga kerja
4. Area operasi lokal, pemasaran produk barang atau jasa dalam range yang kecil (kecamatan)
5. Persiapan produksi pendek

Kompetensi entrepreneur adalah kemampuan minimal seseorang yang berkaitan dengan pengetahuan, skill dan attitude untuk mengerjakan entrepreneurship.

Teori A. Maslow : Physical need (Kebutuhan bertahan hidup) -> Safety need (Kebutuhan akan keamanan / perlindungan) -> Social need (Saling membutuhkan) -> Self esteem (Saling menghargai) -> Actualism (aktualisasi kehidupan sehari-hari).

Teori Helzberg : Hygiene factor (physical and safety need), Motivation factor (social need, self esteem and actualism)

Teori Mc Clelland : Need for power(menunjukan penguasa), achievement(membutuhkan prestasi), affiliation (membutuhkan hubungan), autonomy (kehidupan bebas).

Marketing adalah Proses menterjemahkan kebutuhan / keinginan konsumen menjadi barang / jasa untuk kepuasan konsumen.
Marketing adalah Proses pertukaran barang dan jasa atau barang/ jasa dengan uang.
Marketing adalah Keseluruhan proses pendistribusian produk barang atau jasa dari produsen ke konsumen.


Perbedaan marketing dengan selling

Marketing : Fokus pada kebutuhan konsumen, mengutamakan kenyamanan pelanggan, mengubah kebutuhan / keinginan pelanggan menjadi produk, keuntungan didapat dari kepuasan pelanggan, menyesuaikan produk dengan kondisi pasar.

Selling : Fokus pada kebutuhan penjual, mengutamakan kepentingan produk, mengubah produk menjadi uang, keuntungan didapat dari volume penjualan, perhatian tertuju pada produk hasil produksi.

Marketing Mix adalah penggabungan dari 4P:
1. Product : Kelengkapan, Desain, Jenis, Kualitas
2. Price : Daftar Harga, Diskon, Kemudahan dalam pembayaran, Kredit
3. Place : Lokasi, Transportasi, Jaringan, Jangkauan
4. Promotion : Periklanan, Penjualan sendiri, Promosi penjualan, Publikasi.

Business Plan adalah sebuah perencanaan bisnis yang harus memuat:
1. Target kedepan
2. Strategi bisnis
3. Pesaing
4. Realistis
5. Faktual

Outline Business Plan adalah format lengkap dari sebuah perencanaan bisnis
1. Halaman pengenalan (nama, alamat, no kontak, dll)
2. Kesimpulan Eksekutif (3 sampai 4 halaman berisi kesimpulan perencanaan bisnis lengkap)
3. Analisa Industri (tren industri, analisa pesaing, segmentasi pasar, perkiraan / ramalan industri)
4. Deskripsi Usaha (Produk, Layanan, Ukuran bisnis, karyawan dan ATK, latar belakang wirausahawan)
5. Rencana Produksi (Proses manufaktur / pabrik produksi, peralatan dan mesin, nama para pensupply bahan mentah)
6. Rencana Pemasaran (Harga, distribusi, produksi, ramalan produksi, kendali )
7. Rencana Organisasi (Formulir kepemilikan, Identifikasi rekan kerja / pemilik saham, wewenang, latar belakang manajemen tim, hak dan kewajiban anggota organisasi)
8. Resiko (evaluasi kelemahan bisnis, teknologi baru)
9. Perencanaan keuangan (pendapatan, aliran dana, neraca keseimbangan, analisa titik impas, sumber dan penggunaan dana)
10. Lampiran : surat-surat, data penelitian pasar, surat kontrak, daftar harga dari pensupply

No comments:

Post a Comment

komen?